Fadhilah Ramadhan

Segala puji bagi Allah Swt., shalawat serta salam semoga dilimpahkan ke atas utusan-Nya yang terpilih Muhammad saw.

Marhaban Ya Ramadhan.

Bulan Ramadhan yang penuh berkah merupakan karunia Allah yang sangat besar bagi umat Islam. Semua itu akan kita dapatkan apabila kita mau menghargainya. Jika tidak, maka kita tidak akan mendapatkan apa-apa dari bulan Ramadhan.

Jadi mari kita sambut bulan ramadhan yang insyaAllah jatuh pada tanggal 22 Agustus 2009 tahun ini dengan penuh suka cita.

Dalam sebuah hadits dikatakan, "Apabila umatku mengetahui apa yang ada dalam Ramadhan, niscaya mereka akan menginginkan agar seluruh bulan dalam setahun menjadi bulan Ramadhan."

Berikut sebuah hadits mengenai keutamaan Ramadhan:

Dari Salman r.a. meriwayatkan: Pada hari terakhir bulan Sya'ban, Rasulullah berkhutbah kepada kami, "Wahai Manusia, kini telah dekat kapdamu satu bulan yang agung, bulan yang sarat dengan berkah, yang didalamnya terdapat satu malam yang lebih baik (nilainya) dari seribu bulan. Inilah bulan yang Allah tetapkan shaum pada siang harinya sebagai fardhu, dan shalat Tarawih pada malam harinya sebagai sunnah. Barangsiapa ingin mendekatkan dirinya kepada Allah pada bulan ini dengan suatu amalan sunnat, maka pahalanya seolah-olah ia melakukan amalan fardhu pada bulan-bulan yang lain. Inilah bulan kesabaran dan ganjaran bagi kesabaran yang sejati adalah Surga, bulan ini juga merupakan bulan simpati terhadap sesama. Pada bulan inilah rezeki orang-orang beriman ditambah. Barangsiapa memberi makan (untuk berbuka shaum) kepada orang yang shaum maka kepadanya dibalas dengan keampunan terhadap dosa-dosanya dan dibebaskan dari api neraka Jahanam dan dia juga memperoleh ganjaran yang sama sebagaimana orang yang shaum tadi tanpa sedikit pun mengurangi pahala orang yang shaum itu.”

Kami pun berkata, “Ya Rasulullah! Tidak semua orang di antara kami mempunyai sesuatu yang dapat diberikan kepada orang yang shaum untuk berbuka.”

Rasulullah saw. menjawab, Allah akan mengaruniakan balasan ini kepada seseorang yang memberi buka walaupun hanya dengan sebiji kurma, atau seteguk air, atau seisap susu. Inilah bulan yang pada sepuluh hari pertamanya Allah menurunkan rahmat, sepuluh hari pertengahannya Allah memberikan keampunan, dan pada sepuluh hari yang terakhir Allah membebaskan hamba-Nya dari api neraka Jahanam. Barangsiapa yang meringankan beban hamba sahayanya pada bulan ini, maka Allah mengampuninya dan membebaskannya dari api neraka. Perbanyaklah pada bulan ini empat perkara. Dua perkara mendatangkan keridhaan Rabbmu, dan yang dua lagi kamu pasti memerlukannya. Dua perkara yang mendatangkan keridhaan Allah yaitu, hendaknya kalian membaca kalimat thayibah dan istighfar sebanyak-banyaknya. Dan dua perkara yang kita pasti memerlukannya, yaitu hendaknya kamu memohon kepada-Nya untuk masuk Surga dan berlindung kepada-Nya dari api neraka Jahanam. Dan barangsiapa memberi minum kepada orang-orang yang shaum (untuk berbuka), maka Allah akan memberinya minum dari telagaku (Haudh) yang sekali minum saja dia tidak akan merasakan dahaga lagi sehingga dia memasuki surga.” (Hr. Ibnu Khuzaimah dalam shahihnya)

Jadi marilah kita perbanyak amalan-amalan di bulan Ramadhan ini dan semoga Allah mencucuri kita rahmat,rizki dan hidayahnya, serta diampuni atas segala dosa-dosa kita.

Selamat menyambut Ramadhan dan selamat menjalankan ibadah puasa yang penuh berkah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fadhilah Ramadhan"

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalkan Pesan Anda Disini yah...Terimakasih